Blog

Terungkap, Ini Alasan Bisnis Waralaba Cepat Mendatangkan Sukses

Category : Ilmu Bisnis

29-06-2018

Saat ini, salah satu jenis bisnis yang banyak digandrungi masyarakat luas adalah bisnis waralaba. Bisnis waralaba atau franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu.

Dalam bisnis ini, ada 2 pihak yang terlibat yaitu franchisor (pewaralaba) sebagai pihak yang memiliki, menyewakan, ataupun menjual merek dan sebuah sistem, serta franchisee (terwaralaba) sebagai pihak yang membeli merek dan sebuah sistem bisnis dari pewaralaba dengan syarat yang telah disepakati bersama.

Alasan mengapa usaha waralaba ini banyak diminati masyarakat adalah peluang mendapatkan keuntungan besar bisa didapatkan secara instan. Hal ini jelas berbeda dengan usaha yang dibangun dari nol, yang harus lebih bersabar untuk mengembangkan bisnisnya. Secara umum berikut keuntungan yang bisa diraih dengan menggeluti bisnis waralaba :

1. Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Bisnis waralaba memberikan keuntungan untuk berbisnis di bawah bendera bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang sudah baik. Ide, penamaan dan manajemen suatu bisnis telah di uji coba sebelumnya dan siap untuk di implementasikan pada lokasi yang baru.

2. Sudah Dikenal Masyarakat

Pemasaran bisnis waralaba cenderung lebih mudah, karena bisnis sebelumnya lebih terdahulu di kenal masyarakat. Dengan kata lain, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru. Hal ini membuat Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari pelanggan, karena produk Anda sudah terkenal. Mereka akan datang pada Anda.

3. Manajemen Finansial yang Lebih Mudah

Investor cenderung suka untuk memberikan modal pada bisnis yang telah kokoh dari segi finansial dan jaringan pemasaran. Dengan menggunakan bisnis waralaba, sistem manajemen finansial telah ditetapkan oleh pemilik waralaba utama, sehingga kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan manajemen finansial seperti membangun bisnis baru.

4. Kerjasama Bisnis Telah Terbangun

Orang yang membeli waralaba bisa mendapatkan keuntungan kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Contohnya kerjasama dengan pemasok bahan baku, pihak periklanan dan juga pemasaran.

5. Dukungan dan Keamanan Yang Lebih Kuat

Pemilik waralaba biasanya akan memberikan pelatihan seperti manajemen finansial pemasaran, periklanan dan lain-lain. Hal-hal seperti ini baisanya sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.

6. Kemungkinan Merugi Sedikit

Dengan melaksanakan bisnis franchise ini kemungkinan terjadi kegagalan atau kerugian relatif lebih kecil, karena produk sudah dikenal masyarakat, ada sistem dan manajemen yang bagus dan teruji. Berbeda dengan bisnis yang dirintis dari nol, kemungkinan kegagalan atau kerugian lebih besar.

Dengan segala keuntungan tersebut tidak heran jika bisnis waralaba dilirik banyak orang. Anda harus tahu, bahwa franchise makanan adalah franchise yang paling banyak diminati di Indonesia. Namun sayangnya, jika mengincar franchise yang sudah sangat besar seperti KFC dan Mc Donald tentu dana yang dibutuhkan sangat besar bisa ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Tapi tenang, bagi Anda yang tertarik dengan usaha franchise namun memiliki dana terbatas, berikut franchise yang sedang naik daun dengan harga yang sangat terjangkau !

Pin-Pin Ice Blend

Kako Thai Tea

Tahu Hot King

Chicken PoPop

Dum Thai Tea

Rachacha Thai Tea

Monster Ice Blend

Martabak Mini Rainbow

Pisang Nugget Kece

Celsi Milk Tea


Sumber : bisnisukm.com



Rekomendasi Bisnis