Tips Usaha Roti Bakar

roti4

USAHA ROTI BAKAR Sedang mencari peluang usaha dengan modal kecil dan sederhana, mungkin anda bisa mempertimbangkan usaha roti bakar. Meski bisa dibilang sederhana, namun ada beberapa kiat sederhana yang bisa menjadikan roti bakar enak dan empuk. Bagaimanapun juga sukses bisnis kuliner seperti roti bakar sangat tergantung pada cita rasa dan kreatifitas mengolah dan mengemas makanan. Inilah yang dilakukan oleh Darmin, pemilik usaha roti bakar Ngetop.

Berlokasi usaha di kawasan Bintaro 9 Walk , Tangerang,Banten ini Darmin sukses dalam usaha roti bakar dengan menghadirkan sajian roti bakar yang bertekstur lembut, dan beraroma harum. Untuk menghasilkan aroma yang harum tersebut Darmin menggunakan arang kayu dalam proses pembakarannya.

Perjalanan Darmin dalam usaha roti bakar ini bisa dibilang bermodal kecil. Saat memulai usaha roti bakar di tahun 1994, modal usahanya hanya 1 juta rupiah. Modal usaha tersebut ia pakai untuk membeli gerobak,sewa tempat, membeli peralatan dan bahan baku.
Kendala Usaha Roti Bakar

Usaha merintis usaha roti bakar tidaklah mudah, ada beberapa hal yang membuat perkembangannya tersendat. Diantaranya adalah sifat roti bakar yang mengenyangkan , sehingga pembeli kurang tertarik. Jika ingin kenyang orang lebih memilih nasi goreng atau makanan lain. Sedang untuk camilan, roti bakar terlalu berat. Namun berkat kegigihan Darmin memperkenalkan usaha roti bakarnya lambat laun mulai banyak pembeli yang singgah ke usaha roti bakarnya.

Meski upaya promosi yang dilakukan Darmin untuk memperkenalkan roti bakar hanya dengan model klasik dari mulut ke mulut namun lambat laun semakin dikenal. Upaya pihak Bintaro 9 Walk melakukan promosi semua tenant yang tergabung di dalamnya semakin membuat usaha roti bakar ngetop semakin top. Ada beberapa kegiatan seperti live music, pertunjukan seni dan menggunakan media Internet yang membantu promosi usaha roti bakar ini.
Tips Usaha Membuat Roti Bakar

Agar usaha roti bakar disukai pembeli, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pengusaha roti bakar pemula:

1. Jangan memilih bahan roti tawar yang telah diiris dari pabrik, karena biasanya terlalu tipis, sehingga mudah mengeras saat dibakar.
2. Iris roti tawar dengan ketebalan kurang lebih 1.5 cm.
3. Olesi permukaan roti dengan margarin, agar permukaannya lebih lembut dan rasanya gurih.
4. Gunakan bara api dari arang kayu, agar tidak gosong dan panas bisa meresap ke dalam roti. Selain itu bara api dari arang akan membuat aroma roti bakar lebih harum.
5. Bara api tidak perlu dikipas-kipas karena dapat membuat tekstur roti lebih cepat mengeras.

Anda tertarik untuk usaha roti bakar, silahkan bereksperimen terlebih dahulu.

Sources : galeriukm.com

Tinggalkan komentar anda di bawah ini