Pameran UKM, bertema Pasar Indonesia

PAMERAN PASAR INDONESIA-MANDIRI

Pameran yang bertempat di JCC Senayan ini, bertemakan Pasar Indonesia. Entah apa maksudnya, tapi yang saya tangkap mungkin seperti ini ‘ Barang Made In Indonesia, yang siap dipasarkan dalam dan luar negeri’. Atau mungkin, pasarnya para UKM Indonesia yang membuat kerajinan/barang khas Indonesia. Pasar Indonesia ini di sponsori oleh Bank Mandiri. Sewaktu masuk, kita di suguhi berbegai kuliner khas Indonesia, dan sepertinya ada banyak makanan yg khas daerah yg jarang ditemui di Jakarta.

Setelah melewati booth kuliner, tampaklah gate di kanan saya untuk masuk ke booth pameran UKM. Di situ ada berbagai macam produk Indonesia yang berkualitas. Yang terdiri atas berbagai produk, bukan hanya barang kerajinan saja yang dijual, tetapi juga ada produk makanan ringan dan kue-kue. Tetapi baru kali ini saya melihat dipameran UKM yang booth nya ada kesan mewah dan terdekorasi baik. Harga barang yang dijual juga masih terjangkau, meskipun tampak kualitas barang yang dijual baik. Itu terbukti dari beberapa booth yg saya kunjungi dan melihat dari dekat barang-barang yang dijual.

Di beberapa booth juga ada perusahaan besar Indonesia, dari makanan ringan sampai garam. Tampak pameran lebih di dominasi oleh para UKM yang menjual batik atau baju-baju wanita. Dan saat saya datang, meski hari kerja, terlihat ramai dan dominan pengunjungnya wanita, dan sepertinya kebanyakan adalah dari golongan menengah ke atas yang bukan hanya sekedar melihat-lihat, tetapi juga membeli barang di sana. Antusias pengunjung sangat baik terhadap pameran yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri ini. Mungkin karena selain dekorasi yang bagus, juga publikasi bank Mandiri cukup gencar.

Setelah saya puas melihat keliling pameran Pasar Indonesia ini, saya melanjutkannya dengan keluar dari pameran Pasar Indonesia dan melihat sekeliling area setelah pintu keluar. Dan tampak ada gapura yang bertuliskan ‘IndoCarft’.

Ternyata ini adalah pameran UKM yg event organizernya sama, tetapi beda pameran atau terpisah dari Pameran yang diadakan oleh bank Mandiri tadi. Dan saya mulai masuk serta menjelajahi satu per satu dari booth yang ada di dalamnya. Kali ini saya melihat hanya ada booth-booth sederhana tanpa ada kesan mewah seperti tadi. Mungkin peserta IndoCraft ini adalah peserta diluar binaan Bank Mandiri. Tapi cukup menarik barang-barang yang dijual, serta lebih beraneka ragam.

Setelah saya puas menjelajahi pameran IndoCraft, ternyata ada satu jalan tembus yang menuju pameran sulam Indonesia atau Indonesia Embroidery Festival (IEF). Disini saya lihat kumpulan para UKM yang menjual hasil kerajinan tangan sulam. Cukup besar area pamerannya, dan saya lihat begitu banyak yang ikut serta.

Setelah saya puas melihat-lihat pameran kerajinan sulam ini, pada satu lorong yang mengarah ke lobby JCC pameran, ada pameran UKM yang lain lagi. temanya Kesetiakawanan dan untuk umum harus membayar Rp. 10.000,-. Disini juga ada banyak UKM yang ditampung dan merupakan binaan dari banyak perusahaan, salah satunya saya melihat UKM binaan Antam. Cukup bagus, dan di depan yang merupakan pintu masuk utama, terlihat beberapa booth pameran baju-baju wanita dari artis Indonesia.

Secara keseluruhan, saya berpendapat pameran UKM yang diselenggarakan kali ini, merupakan pameran yang bagus dan tersegmentasi. Meski kadang membingungkan para pengunjung, dengan dibeda-bedakannya tempat pameran yang sebenarnya masih satu tempat, yaitu JCC Senayan. Dan plusnya adalah, selain pameran produk, juga ada kuliner khas daerah Indonesia yang tempatnya nyaman serta dekorasi yang baik. Semoga tahun depan pameran seperti ini bisa diadakan kembali. (myg)

 

Tinggalkan komentar anda di bawah ini