Bahasa
Indonesian flagEnglish flag

Modal Kecil Sukses Usaha Dengan Omset Jutaan

daun-kering1

Siapa bilang untuk sukses bisnis dengan omset puluhan juta harus memiliki modal besar. Ternyata hanya dengan modal 100 ribu rupiah bisa memiliki bisnis yang berkembang dengan pesat. Inilah yang dialami Nanik Hery, dengan bendera usaha yang diberi nama “Ud Bengkel Keriya Daun 9996?, produknya sukses menembus pasar Internasional.

Usaha Nanik terbilang cukup unik dan kreatif, usahanya berawal dari kebiasaan almarhum sang suami yang hobi mengeringkan daun dan menyelipkannya di buku, menjadi awal mula pundi-pundi uang mengalir deras ke kantongnya. Dari situ muncul beberapa ide tentang membuat suatu usaha dari olahan daun.

Usaha yang sudah dirintis sejak 9 September 1996 ini awalnya hanya bermodal seadanya. Dengan modal sebesar Rp100 ribu ternyata menjadi jalan awal usaha tersebut untuk menembus penjualan pasar internasional. “Waktu itu modalnya cuma Rp100 ribu, tapi melihat respons dari orang-orang yang begitu menyukai hasil karya kami, saya sangat bersyukur,” ungkap Nanik.

Untuk bahan bakunya sendiri tidak susah untuk menemukan dedaunan yang akan digunakan sebagai kreasinya. Jenis daun yang digunakan Nanik adalah daun yang mudah ditemukan, seperti daun kupu-kupu yang pohonnya banyak terdapat di pinggir jalan raya. Dia pun bekerjasama dengan dinas kebersihan Surabaya untuk mendapatkan jenis daun tersebut sehingga setiap harinya Nanik dapat memasok bahan bakunya tersebut.

Berkat kesuksesan usaha yang dilakukannya , kini Nanik telah memiliki toko sendiri yang berlokasi di Ngagel Mulyo XV Surabaya dengan karyawan sebanyak 14 orang. Masing-masing karyawan diberi tugas masing-masing .

 

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2012/08/25/455/680564/bermodal-rp100-ribu-daun-pun-disulap-jadi-uang

Share

Tinggalkan komentar anda di bawah ini