Bahasa
Indonesian flagEnglish flag

Mantab, 600 Pengusaha UKM Indonesia Belajar Pemasaran ke Thailand

pameran ukm

Sebanyak 600 pengusaha usaha kecil menengah (UKM) dari seluruh Indonesia akan belajar tentang pemasaran ke Thailand. UKM yang diberangkatkan tersebut merupakan mitra dagang dari PT Sindo Bude Sentosa (SBS), yang umumnya memiliki kios atau menjadi distributor di daerah.

“600 UKM yang diberangkatkan ini semua pemiliki kios yang juga menjual prosuk SBS di daerah,” kata Asistent Presdir PT Sinde Budi Sentosa, Jony Yuwono, seperti dikutip, Minggu (24/3/2013).

Jony menjelaskan, Thailand dipilih sebagai tempat belajar para UKM karena kondisi pasar tradisionalnya sangat mirip dengan Indonesia. Selain itu, dengan belajar di Thailand, 600 UKM ini diharapkan bisa lebih siap menghadapi pasar komuniti Asean pada 2015 mendatang.

Kendati jumlah yang diberangkatkan ini hanya sebagian kecil dari total 2,5 juta UKM, namun dia optimistis mereka akan menjadi pemimpin pasar (market leader) dan bisa menjadi pengusaha besar.

“Diharapan UKM ini bisa meningkat dan berkembang menjadi pengusaha besar setelah mendapat pelajaran dari Thailand,” tegasnya.

Sementara itu wakil UKM Abadi Hariyanto dari PT Abadi Jaya Cirebon mengaku senang bangga dengan adanya penghargaaan kepada mereka dengan diajak belajar ke Thailand.
Dia berharap pemberangkatan ini bisa meningkatkan keterampilan mereka sehingga akan berdampak pada kenaikkan penjualan.
“Sebagai pedagang dari daerah Cirebon ga mungkjin ke luar negeri, tetapi berkat PT Sinde itu bisa. Saya juga berharap akan mendapat ilmu dari sana sehingga ke depan penjualan kami akan meningkat,” katanya. (SPC-20/beritasatu)

Sumber : suarapengusaha.com

Share

Tinggalkan komentar anda di bawah ini