Kredit Tanpa Agunan Solusi Modal Usaha Kecil

uang banyak 2

Di Bank manapun yang namanya kredit biasanya selalu diberi embel-embel agunan atau jaminan. Namun ternyata tidak selalu demikian, produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) ternyata bisa dilakukan oleh siapapun dan untuk keperluan apapun. Tujuan penggunaan kredit model ini juga beragam misalnya saja untuk keperluan modal usaha kecil-kecilan sampai keperluan konsumtif. Sekarang ini banyak Bank yang sudah membuka program Kredit tanpa agunan.Contoh bank yang meluncurkan produk ini Bank Mandiri dengan prosuk Mandiri Kredit Tanpa Agunan Karena tanpa agunan kredit ini biasanya nilainya tidaklah besar.

Kredit Tanpa Agunan dapat diajukan oleh siapa pun, baik karyawan, profesional, maupun wirausahawan. Termasuk Anda. Bedanya dari produk pinjaman biasa, nilai pinjaman Anda dibatasi. Ini karena tidak adanya harta yang dijaminkan sehingga otomatis risiko bank sebagai pemberi pinjaman akan semakin tinggi. Di sinilah biasanya nilai pinjaman pada produk KTA dibatasi, yaitu antara Rp 5 juta sampai dengan Rp 50 juta saja. Jangka waktu kreditnya juga dibatasi agar tidak terlalu panjang, yaitu antara 1 sampai dengan 3 tahun.

Kredit Tanpa Agunan dapat Anda manfaatkan untuk tujuan apa saja. Anda bisa menggunakannya untuk tujuan konsumtif, seperti membayar biaya pendidikan anak Anda, membiayai pernikahan, atau merenovasi rumah. Di samping itu Anda bisa juga menggunakan Kredit Tanpa Agunan untuk tujuan produktif seperti membiayai modal awal suatu usaha, membeli persediaan barang dagangan, membeli mesin, membeli perlengkapan kantor, atau membiayai kebutuhan modal kerja lainnya.

Bisa juga Anda memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan untuk melengkapi atau menutupi kekurangan dana dari pinjaman lainnya bila Anda memang memilikinya. Sebagai contoh, bila sebelumnya Anda memiliki pinjaman di bank di mana rumah Anda disertakan sebagai jaminannya, Anda masih tetap dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan . Yang penting penghasilan Anda (setelah dipotong biaya rumah tangga dan biaya lainnya, termasuk didalamnya biaya cicilan kredit bank yang sudah Anda miliki sebelumnya) masih cukup untuk membayar cicilan Kredit Tanpa Agunan .

Kredit Tanpa Agunan memang memberi Anda keleluasaan dalam mengelola keuangan Anda, tapi kondisi, persyaratan, dan sanksi yang menyertainya bisa dikatakan sama dengan produk pinjaman bank pada umumnya. Sehingga kendati lebih fleksibel, komitmen Anda akan sama besar dengan jika Anda memiliki kewajiban pada produk pinjaman lain yang menyertakan jaminan.

Sumber:

http://www.perencanakeuangan.com/artikel/safir%20senduk/tanpa%20agunan%20tetap%20bisa%20kredit/

Share

Tinggalkan komentar anda di bawah ini