Kemampuan Menjual Kunci Sukses Wirausaha

Dalam berbisnis semuanya berujung pada kemampuan untuk menjual produk atau jasa. Karena itu dalam berwirausaha adalah sejauh mana seseorang bisa mengoptimalkan kemampuan melakukan penjualan. Namun bagi pelaku wirausaha kecil dan menengah kemampuan untuk menjual produk/jasa ini sering menjadi titik lemah. Banyak orang bisa melakukan produksi yang bagus dengan kuantitas yang besar, namun harus mendeg karena tidak bisa menjual produk yang dihasilkan. Padahal produknya bagus, karena itu penjualan adalah kunci sukses dalam berwirausaha.

Mengingat pentingnya penjualan dalam sukses berwirausaha, maka perlu upaya terus menerusuntuk mengasah kemampuan menjual dan juga langkah-langkah penjualan yang sistematis dan terencana. Selain terencana langkah penjualan harus bisa dievaluasi sehingga diperbaiki saat ada langkah yang kurang pas.
Tips Melakukan Penjualan

Berikut beberapa tips melakukan penjualan, dari Tung Desem Waringin, Ahli strategi marketing yang sudah cukup ternama di Indonesia:

1. Memberikan Penawaran Yang Menarik
Menjual berarti memberikan penawaran kepada calon pembeli, karena tujuannya mendorong untuk membeli maka penawaran harus dibuat semenarik mungkin. Untuk mengetahui apakah penawaran yang kita berikan kepada konsumen menarik atau tidak, perlu mengukurnya dengan membandingkan penawaran lain. Selain itu, perlu membangun kepercayaan dari konsumen. Kepercayaan dari konsumen dapat dibangun dengan berbagai macam cara. Misalnya saja dengan memberikan garansi kepada pembeli sehingga pembeli merasa aman dan tidak menanggung risiko ketika membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan.

2. Berikan Keterangan Yang Lengkap dan Tepat
Keterangan yang lengkap dan tepat akan memberikan daya tarik bagi pembeli. Pelaku bisnis bisnis perlu menyampaikan keterangan mengenai apa yang dijual dengan tepat. “Hanya dengan memberikan penjelasan tentang proses produksi, orang akan lebih tertarik untuk membeli. Semisal, air mineral ini diproses melalui sekian kali penyaringan,” jelas Tung.
Selain keterangan lengkap harus pula tepat sasaran. Misalnya saja enawarkan sebuah mobil mewah dengan potongan harga 50 persen kepada pengemis di pinggir jalan tidak akan laku karena tidak tepat sasarannya. Dia tidak akan membeli walaupun mobil itu ditawarkan dengan potongan harga besar,” kata Tung lagi.

3. Atur Pasokan dan Permintaan
Mengatur keseimbangan antara pasokan dan permintaan perlu dilakukan, atur pasokan dan permintaan agar ada kelangkaan sehingga barang yang ditawarkan dicari-cari.

Membangun usaha memerlukan waktu, fondasi, dan rancang bangun. Produk yang tidak layak beli tidak bisa dipakai untuk membangun usaha.Walaupun tidak mudah, banyak orang yang ingin membuka usaha untuk meningkatkan kesejahteraannya. Tetapi, sukses berbisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang menjadi tantangan dalam menjalankan usaha ini. Pemasaran menjadi kunci sukses dalam berwirausaha.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/09/28/05193294/Wirausaha.Fokus.pada.Penjua

Share

Tinggalkan komentar anda di bawah ini