Bahasa
Indonesian flagEnglish flag

Google Sediakan 100.000 Domain Gratis untuk UKM

GIBO285

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih minimnya jumlah pengusaha di Indonesia yang memanfaatkan media online membuat Google tergerak dengan menyediakan domain dan hosting melalui program ‘Bisnis Lokal Go Online’.

Program ini ditujukan untuk 100.000 usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dengan mendorong mereka mempunyai website sendiri, dengan ini mereka bisa berjualan melalui media online.

Managing Director Google Southeast Asia, Julian Persaud menjelaskan lebih dari 40 juta penduduk Indonesia menggunakan internet secara rutin dan lebih dari 130 juta orang menggunakan akses online melalui perangkat seluler untuk mencari toko dan layanan lokal.

Rata-rata pengguna internet di Indonesia umumnya untuk mencari informasi seputar hiburan, tempat makan, olahraga, berita ataupun informasi tentang di mana mereka dapat membeli produk elektronik terbaru.

Namun statistik menunjukkan hanya ada 75.000 UKM dari total 17 juta UKM yang baru memiliki website sendiri. Sebagian besar UKM tersebut belum online dikarenakan mereka umumnya menganggap bahwa website masih mahal, rumit atau alasan tidak punya waktu.

“Kami ingin bantu mereka. Dukungan yang kami berikan berupa pembuatan domain gratis dan hosting gratis selama setahun kepada 100.000 UKM,” ungkap Julian di acara Bisnis Lokal Go Online di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (11/1/2012).

Bantuan dari Google ini secara lebih rinci yaitu:
- Gratis domain “.co.id” untuk satu tahun pertama setelah pendaftaran. Untuk tahun berikutnya peserta UKM akan dikenakan biaya maksimal Rp 150.000 per tahun.
- Gratis konsultasi dan edukasi bisnis yang berkelanjutan
- Gratis iklan online dan terdaftar di Google Maps
- Kupon AdWords bernilai Rp 500.000 untuk 100.000 pendaftar pertama yang telah mengaktifkan situs mereka dan memiliki akun di AdWords

Selain itu, Google melihat ada potensi pertumbuhan yang sangat besar bagi UKM di Indonesia. Program ‘Bisnis Lokal Go Online’ ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang Google kepada Indonesia. Harapannya, Google dapat memberikan manfaat ekonomi secara nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk program Bisnis Lokal Go Online ini, Google akan menggunakan Business Site Builder, sebuah piranti lunak gratis buatan Google yang dapat dipergunakan untuk mendesain website, yang juga secara otomatis dapat membuat situs untuk ponsel pintar maupun feature phone.

Business Site Builder ini dirancang untuk meminimalisasi kendala yang selama ini menyulitkan UKM untuk go online, dengan menjadikan proses membuat dan mengelola sebuah website murah, cepat, dan gratis.

Untuk mendapatkan penawaran dari Google ini silakan kunjungi website berikut ini, http://www.bisnisgoonline.co.id/.

Google mengadakan program ini bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Kementerian Koordinasi Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (Aptikom), Melsa, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Bakrie Connctivity dan Multiply.com.

Sumber : kompas.com

Share

Tinggalkan komentar anda di bawah ini