Bahasa
Indonesian flagEnglish flag

Dana Bergulir Untuk UKM Dinilai Tepat Sasaran

uang

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB-KUMKM) menyatakan bahwa program Dana bergulir mampu menyerap tenaga kerja di berbagai sektor usaha. Besarnya penyerapan tenaga kerja tersebut terjadi setelah dana bergulir yang dikelola lembaga itu telah dimanfaatkan oleh sedikitnya 141.120 mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Data dari lembaga di bawah Kementerian Koperasi dan UKM itu menunjukkan sejak 2008 hingga Maret 2011 berhasil menyerap sedikitnya 234.523 tenaga kerja di berbagai sektor usaha.

Dengan demikian penyaluran yang dilakukan LPDB-KUMKM dinilai tepat guna dan tepat sasaran. Operasional lembaga tersebut memang untuk memberi dan membuka kesempatan kepada calon wirausahawa baru.

Kesempatan yang diberikan kepada calon-calon pengusaha baru itu merupakan bagian dari salah satu upaya pemerintah meningkatkan daya saing ekonomi rakyat, sekaligus menciptakan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.

Karena itu LPDB bersama Kemenkop dan UKM pada tahun ini menargetkan peningkatan penyerapan tenaga kerja hingga 342.000 orang lebih. Lembaga itu optimistis mampu mencapai target, karena kualitas pelayanan terus ditingkatkan.

Pelayanan dan penyaluran kepada calon wirausaha maupun debitor, dilaksanakan secara optimal oleh seluruh pejabat dan staf LPDB. Yang menjadi prioritas adalah akuntabel, transparan, tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasara,

Sejak 2008 hingga Maret 2011, jumlah penyaluran telah mencapai Rp905,46 miliar. Adapun pada tahun ini jumlah penyaluran ditargetkan Rp1,25 triliun. Sebesar 90% akan disalurkan melalui koperasi, dan 10% lainnya melalui lembaga keuangan bukan bank (LKBB).

LKBB yang dimaksud, antara lain Perusahaan Modal Ventura (PMV), Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD). Peranan koperasi lebih diutamakan, karena sesuai dengan program pemerintah untuk lebih memberdayakan lembaga itu sebagai gerakan ekonomi masyarakat.

Peran koperasi itu terutama dalam program meningkatkan angkatan kerja melalui penanggulangan angka penangguran dan kemiskinan yang saat ini jumlahnya sekitar 13 juta orang.

Sumber:

http://www.bisnis.com/ekonomi/mikro-ukm/21885-dana-bergulir-lpdb-serap-234523-orang

Share

Tinggalkan komentar anda di bawah ini